Bagaimana Kanker menyebar?

Para peneliti dari banyak penjuru dunia telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa kematian pada penderita kanker terutama karena tumor metatastis yang mereka derita. 

Sel-sel kanker telah tumbuh dan menyebar keseluruh jaringan tubuh dan mempengaruhi keneria tubuh. Sembilan puluh persen (90%) kematian diakibatkan oleh tumor metatastis dan 10% sisanya disebabkan tumor primer. 

Terdapat suatu mekanisme seperti sel sakit yang mengejar sel sehat untuk dipengaruhi. Apabila sel sehat berhasil rusak oleh sel sakit akan menyebabkan pertumbuhan tumor dan ditandai dengan rusaknya sel radikan didalam tubuh dan berusaha menggandakan dirinya sendiri. Sel kanker ini menyebar sangat cepat sekali, sedangkan orang yang menderitanya tidak sadar akan pertumbuhan sel kanker pada dirinya.

Ada beberapa cara penyebaran kanker : 
  1. Melalui aliran darah
  2. Sistem limfatik yang berhubungan dengan kelenjar getah bening didalam tubuh


Molekul kemudian berinteraksi dengan banyak sel yang sakit, hal ini memungkinkan mereka melakukan sinergi adhesi dan memulai melakukan penyebaran lagi. Meskipun metastasis sel tumor mempunyai sifat adhesi yang sama, tetapi sel tumor tersebut memiliki jalur masing-masing untuk melakukan penyebaran ke tubuh.

Ketika tumor seudah terbentuk, dan tumor tersebut dapat dibedakan menjadi ganas atau jinak. Jika jinak maka pertumbuhannya akan terbatas, namun apabila ganas maka pertumbuhannya akan meluas dan diperlukan perawatan dan pengobatan yang intensif. Kanker dibagi menjadi dua jenis : primer dan sekunder. Kanker primer lebih mengarah terhadap daerah yang pertama kali diinfeksi oleh sel kanker, sedangkan untuk kanker sekunder disebabkan oleh penyebaran sel kanker sendiri.
Description: Bagaimana Kanker menyebar? Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Bagaimana Kanker menyebar?

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Waspada Kanker - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger