Apa Penyebab Kanker?

Kanker dimulai dasi satu sel yang tidak normal, lalu sel tersebut mengontrol sel sehat dan berkembang biak, perkembangbiakan sel ini disebabkan oleh banyak faktor.



Kimia Karsinogen Penyebab Kanker
Kimia karsinogen dapat berupa zat kimia, radiasi dan lain-lain yang bisa merubah sel sehat menjadi sel kanker. Apabila di dalam tubuh semakin banyak terdapat zat karsinogen makan akan sangat berdampak buruk terhadap tubuh. Bberapa contoh dari zat karsinogen adalah :
  • Rokok. Rokok umumnya terbuat dari tembakau. Hal ini bisa memproduksi zat karsinogen di dalam tubuh dan memicu kanker pada paru-paru kita, kandung kemih, mulut, tenggorokan, kerongkongan bahkan ke pankreas. 
  • Bahan-bahan kimia disekitar lingkungan seperti benzena, formaldehida dan asbes, maka kita harus selalu berhati-hati di lingkungan sekitar.
Gaya Hidup Penyebab Kanker
Gaya hidup tidak selebihnya menguntungkan, seperti halnya diet apabila tidak diatur sedemikian rupa dapat menyebabkan sel kanker dapat tumbuh.
  • Kurangnya berolahraga, serta banyak minuman alkhol dapat menyebabkan sel kanker tumbuh.
  • Makan dengan sangat banyak dan berlemak akan meningkatkan resiko berkembangnya sel kanker tertentu.
  • Gaya hidup merokok yang berat seperti hal diatas dapat menyebankan kanker.
Radiasi Penyebab Kanker
Radiasi termasuk bagian dari karsinogen. Termasuk salah satunya adalah radioaktif dari nuklir yang dapat menyebakna leukimia. Berlebihnya terkena sinar Ultra Violet (UVA dan UVB) yang bisa menyebabkan kanker kulit.
Umur Penyebab Kanker
Semakin bertambahnya umur maka kemungkinan besar sel kanker akan berkembang sesuai dengan pola hidup kita. Kerusakan sel saat umur kita bertambah akan semakin mudah, lalu pertahanan tubuh melawan penyakit akan semakin berkurang untuk melawan penyakit kanker, kemampuan memprebaiki sel akan ikut berkurang. Maka dari itu sel kanker akan lebih mudah berkembang pada orang yang sudah tua.

Infeksi Penyebab Kanker
Ada beberapa  bakteri dan virus yang sangat dekat terkaitannya dengan kanker. Salah satunya orang yang terkena hepatitis c atau virus hepatitis b memiliki resiko besar terkena kanker hati. Maka dari itu, apabila kita terkena sakait maka segeralah melakukan perawatan intensif, apalagi yang berkaitan dengan virus dan bakter.

Sistem Kekebalan Tubuh Penyebab Kanker
Seseorang yang mempunyai kekebalan tubuh yang lemah memiliki resiko yang cukup tunggi yang dapat menyebabkan kanker tertentu. Contoh adalah orang yang mengidap AIDS , atau orang yang sedang melakukan imunosupresif.



Description: Apa Penyebab Kanker? Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Apa Penyebab Kanker?

5 comments:

  1. wah, jadi takut saya sob..
    thanks sob pnjlasanny ttg penyebab kanker!
    sangat bermanfaat.
    -keep blogging-

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat untuk mencegah kanker

    ReplyDelete
  3. Ayo rubah gaya hidup kita biar ga kena kanker :D

    ReplyDelete

 
Copyright © . Waspada Kanker - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger